Pengalaman Kerja di Alfamart, Enak Gak Sih?

Life Story

Hari ini, kebetulan teman kerja dulu di Alfa mau nikah jadi hari ini kondangan, pastinya jadi inget dong masa-masa kerja pahit manisnya. Mumpung masih inget jadi gue mau sedikit berbagi pengalaman gue yang 2 tahun lebih bekerja di salah satu retail terkemuka di Indonesia itu.
Berawal dari masalah yang gue hadapin di bulan Maret 2015, masalah yang sampe sekarang masih bikin trauma tapi maaf gak bisa gue ceritain di sini, nah akhirnya April 2015 gue memutuskan untuk bekerja, dimanapun itu. Gue ikut job fair di Universitas Jendral Soedirman. Dari 2 lamaran yang gue masukkan, 1 diantaranya dari Alfa, singkat cerita gue dipanggil buat tes lanjut langsung cek fisik dan wawancara. Sedikit gambaran untuk tesnya standar tes psikologi aja sih, gak susah-susah amat kok, abis itu langsung cek fisik, nah ini juga asal gak ada tato, biasanya lolos, abis itu wawancara, waktu gue wawancara barengan 4 peserta diwawancara 1 orang, jadi agak sante gitu deh, gak terlalu serius kaya pengalaman gue di perusahaan-perusahaan lain.
Nah, pada hari itu juga yang gak lolos langsung disuruh pulang, sementara yang lolos langsung dinyatakan diterima hari itu juga, mesti siapin bikin rekening segala macem, beberapa hari kemudian kita langsung tandatangan kontrak dan diberitahu jadwal training untuk training di kantor DC (Distribution Center) dan OJT (On the Job Training) di toko. Pada saat itu yang pertama dilakukan justru OJTnya dulu. Gue OJT di alfamart paling dekat, sekitar 5 km dari rumah. 2 hari OJT kita sudah menjalani pekerjaan seperti karyawan, walau hanya kerjaan-kerjaan basic seperti bongkar barang, facing out, dan ngerak.
Satu hari libur, 5 hari berikutnya barulah training di DC. Dalam training kita diajari semua dari 0, sampe baris berbaris juga dipelajari walau secara langsung gak ada hubungannya sih hehehe. Tapi yang gue tangkep adalah selain teknis kita juga diajari untuk disiplin. Karena kerja di dunia retail kedisiplinan adalah hal paling penting setelah teknis. Pelatihan teknis itu sebenernya cuma diajarin gimana menjalankan program kasir sama standar pelayanan, teori sekalian praktek satu per satu.

Setiap hari selama 5 hari itu dari pagi jam 8 sampe jam 5 sore kita “dijejelin” dengan seabreg teori dan praktek setelahnya, sampe rasanya pengin cepet-cepet selesai.
Akhirnya training hari terakhir gue laluin dengan segala perjuangan karena gue mesti nginep di DC karena jarak yang jauh banget dari rumah.
Kita dikasih waktu istirahat 1 hari abis itu langsung mulai terjun di toko dengan seragam kebanggaan anak Alfa, merah hitam waktu itu. Di hari pertama gue udah mulai bongkar barang, udah gak kaget karena 2x OJT semuanya kebagian jadwal dateng barang, cape, itu pasti, tapi gue masih cukup survive, karena gimanapun ini adalah cara gue untuk biar tidak terlalu larut dalam masalah gue sebelumnya.

Di dunia kerja, 8 jam kita pake buat kerja (walau kadang-kadang molor), 8 jam buat santai, 8 jam lagi buat tidur. Waktu 8 jam buat sekedar main HP jadi terasa cepet banget. Seolah hidupmu cuma dipake buat kerja, tapi waktu itu emang itulah hal yang gue cari, gue perlu kesibukan, perlu tantangan baru, lingkungan baru, sesuatu yang mesti gue lakuin. Seberat apapun rintangan gue lewatin, dari kasiran yang sering minus, sampe tekanan dari atasan udah jadi hal biasa.

Gue sebenernya udah beradapatasi dengan baik dengan temen kerja maupun atasan, tapi akhirnya gak kerasa udah 5 bulan dan sampelah gue di titik jenuh, gue itung-itung kok pendapatan gue sebulan dikurangi pengeluaran kos-kosan makan dan tombokan kasiran hasilnya kecil banget ya, yah kan gue kerja gak cuma nyari cape sama makan doang, perlu nabung juga. Gue lalu mengajukan diri untuk resign. Waktu itu kepala toko gue langsung setuju karena dia memaklumi banget di mana gue mesti ngekos karena jauh dari rumah sekitar 22 km lebih. Tapi akhirnya gue sama secondman disuruh buat dipikir ulang, apa yang jadi masalah gue, akhirnya dia menawarkan solusi agar gue minta pindah toko ke Korwil (Area Coordinator). Gue pun akhirnya setuju untuk membatalkan surat resign gue. Gue waktu itu minta bulan depan mesti pindah, akhirnya sesuai janji gue dipindah ke cabang yang lebih dekat, hanya 6 km dari rumah.
Di tempat baru ini gue bisa menyesuaikan diri dengan baik, walau pada awalnya agak susah juga sih. Tapi lama-lama gue bisa beradaptasi, terutama sama rekan kerja dengan bermacam karakteristiknya. Lambat laun gue merasa lebih dihargain di sini, gue udah gak merasa dianggap kaya anak bawang. Gue mulai belajar banyak hal, ini karena gue dikasih wewenang lebih sama kepala toko. Baru beberapa minggu di sini gue udah mulai disuruh ngecek barang, yang mana itu merupakan kerjaan staff.

Gue gak merasa gue dimanfaatin dengan ngerjain tugas staff, gue malah ngerasa kalo gue lebih dihargain di sini dikasih kesempatan lebih buat ngembangin kemampuan. Beragam masalah dan tantangan hampir selalu ada, tapi gue banyak belajar dari situ. Gak cuma tentang teknis, tanggung jawab, attitude, kedisiplinan dan lain-lain itu yang justru lebih penting. Sampe hari ini pun gue masih menggunakan ilmu itu, kaya rekapan RRAK, gue sampe hari ini masih ngumpulin struk belanja bulanan pribadi walau udah gak kerja, itu dipake buat analisa pengeluaran kita. Dulu sebelum kerja di Alfa, keuangan gue sebenernya udah rutin tiap bulan bikin rekapan pemasukan dan pengeluaran. Tapi setelah kerja di Alfa rekapan jadi lebih rapi.

Eh, kembali ke topik, setelah 18 bulan kerja gue mulai merasa bosan, walau gue sempet dapet panggilan buat profiling (tes naik jabatan), gue sengaja gak berangkat waktu itu karena takut ngecewain, karena gimanapun pasti gue akan menemui titik jenuhnya dan bosen. Sampe akhirnya 2 bulan setelahnya, gue putuskan dengan matang untuk resign. Gue resign mendadak, gue masih ada jadwal ngeshift shift 3, dan siangnya setelah sholat jumat gue baru bilang ke kepala toko, diteruskan ke anak-anak lain setelah disetujui kepala toko. Agak jahat juga gue pikir, tapi kalo gak begini mungkin gue bakal luluh lagi kalo dibujuk, tapi kali ini gue emang udah bosen dengan kerjaan. Sebenernya kerjaannya ringan karena udah di posisi yang lumayan enak. Tugas gue lebih sering berhubungan dengan administrasi. Kaya megang brangkas, mimpin shift 3 hampir tiap shift malem. Sering juga mimpin shift 1 atau 2. Tapi namanya bosen itu gak ada obatnya kan ya. Sering juga gue minta cuti 3 hari buat sejenak meninggalakan kerjaan dengan mendaki gunung biar gue kangen suasana kerjaan, tapi ternyata gak juga. Rasanya malah pengen bebas, bebas kapan cuti, bebas kapan libur, gak harus ngikutin jadwal.
Yap, begitulah pengalaman gue kerja di Alfa, intinya yang gue mau tekankan buat yang mau kerja di Alfa, kalian mesti disiplin, kuncinya itu aja, kalian bakal bisa survive sampe kalian bosen dan resign, kalo gak gitu kalian mungkin akan berakhir di cut kontrak atau bahkan dipecat. Overall ini pengalaman yang menyenangkan buat gue, dan kebanggaan tersendiri. Sampe hari inipun gue masih dikenal warga sekitar toko, kalo gue main di sekitar toko sering disapa orang karena inget gue yang pernah kerja di Alfa. Relasi sama customer itu juga hal yang gue sampe sekarang masih kadang suka kangen, selain suasana, teman dan tempat kerjanya.

Oh ya buat yang nanyain gaji, gaji di Alfa itu sedikit diatas UMR, kadang juga dapet bonus kalo ada target yang tercapai atau event-event tertentu. BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan udah pasti ada.

So cukup sampe di sini dulu deh, buat kalian yang mau daftar silakan aja, kerja di Alfa gak sengeri itu kok, kalo kalian cape bongkaran barang, ntar lama-lama juga terbiasa kok. Dan buat yang masih kerja di Alfa nikmatilah kerjaan kalian saat ini selama kalian masih membutuhkannya, jangan banyakin ngeluh di sosmed ya hahaha.

218 thoughts on “Pengalaman Kerja di Alfamart, Enak Gak Sih?

  1. halo mas, saya baru lulus sma nih, kebetulan ada lowongan alfamart dicilacap, sambil ngisi2 waktu mau nyoba lamar nih, kira2 yg harus dipikirkan kalo mau kerja dialfamart apa ya?

    1. Kak kalo udah kerja lebih dari 6 bulan udah bisa pindah belum? Trs buat shif nya itu boleh minta di shif berapanya engga apa palah udah ditentuin dari kepala tokonya?

  2. Siang mas mau nanya, kalo udah kerja di alfa, lalu kita mau resign apa ijasah yang ditahan susah diambil dan harus bayar?

    1. ijazah gak ditahan kok, pas tanda tangan kontrak memang wajib dibawa buat pengecekan doang, abis itu langsung dikembaliin hari itu juga

    1. Bilang aja baik-baik sama keptoknya, atau sama korwilnya langsung, kalo udah ada tempat nanti juga dipindahin

  3. Mas, klo kita datang ke salah satu kantor pusat biasanya itu langsung interview atau di titipkan dulu lamarannya?.

    1. tergantung jadwal, biasanya pas jadwalnya langsung tes+interview, kalo gak ada jadwal ya cuman nitip lamaran aja

    1. kalo dari retail lain yg saya tau malah lebih gampang, temen saya yg dari indom*ret juga banyak, yang gak bisa justru yg pernah kerja di alfa sblmnya

    2. Mas, mau tanya. Kalo tinggi badan berpengaruh banget ga ya? Saya mau melamar sebagai kasir, minimal 155cm tapi tinggi badan saya cuma 150cm. Bisa ga ya mas kalo gitu?

    1. tergantung yg recruitment, asal bisa komunikasi+kasih alasan yg dpt diterima sih, tp diusahakan mah harus ada, cepet kok ngurusnya

        1. gak ada sama sekali, kalo personel cuma 2 yg ngeshift pinter2 aja cari waktu yang pas yaitu pas lagi sepi, jgn lupa ijin sama staffnya ya

    1. ya latian operasional, kaya latian pake kasiran, waktu saya juga ada latian PBB gitu pas pagi, sama sedikit beladiri hehehe

  4. Mas maunanya ni kan saya udah keterima , sebagian teman saya udah dipanggil dan udah mau selesai besok, sednagkan saya belum juga ada panggilan sama yang lain, perkiraan kapan ya kak

  5. Mas kalo misal kita ngga betah di alfa kita kerja terus kita minta di pindahkan ke alfa sesuai keinginan sendiri itu bisa ngga? Terus caranya gimana mas? Mohon bantuannya. Terimakasih:))

    1. bisa, tapi mesti nunggu prosesnya, misal ada karyawan di toko tujuan yg resign mungkin akan lebih cepet, apalagi kalo 1 korwil yang sama lebih gampang lagi

  6. Mas boleh tanya aku udah pernah kerja di alfa trus brenti blum habis bulan, kira2 mas itu masih trima gaji sisa kerja apa ngak ya mas

      1. Maaf pak saya mau nanya saya udah lamaran ke alfa udah lulus tes semua dan saya lolos di terima.tapi belum ada panggilan lagi, kira kira saya bakal di terima gak ya ?

  7. Mas penempatan nya deket rumah ga sih mas? Saya soalnya training mas masih bingung masalah penempatan mas

    1. kalo pengalaman saya sih jauh dari rumah, tapi setelah 5 bulan minta pindah disetujui, jangan bosan cerita sama korwilnya

  8. Kalo minta pindah toko karna alasan kedeketan dr rumah bisa gak? Alfamart depan rumah persis pgn pindah agak jauhan biar liat jalan

    1. gak dipersulit kok gak ada denda gak tau kalo sekarang sih mngkn udah ada aturannya gak tau juga, prosedurnya sih 1 bulan sebelumnya harus udah bikin surat resign dan kirim ke HRD setelah diskusi sama kepala toko, kalo pengalaman saya sih resign mendadak, jangan ditiru ya hehehe

  9. Bang sorry nih mau tanya, berhubung dpt jdwl intv bntrok, ane mau tanya, itu gaji umr apa masih dpt tunjangan bpjs? Trus waktu kerjanya 5/7 atau 6/7 sama 1 lgi, alpha nyediain bonus2an atau tidak ya bang?
    Sorry nih sblmnya, saya lagi nyari referensi biar gak nyesel ambil keputusan.
    Trmakasih

    1. Maaf baru sempet balas, gaji umr lebih dikit, bpjs kesehatan+ketenagakerjaan ada, jam kerja 8 jam normalnya, biasanya bisa lebih tergantung sikon

    2. Bang mau nanya kalo ngurus spk ribet gak sih saya udah resign tapi spk belum tak ambil…dan apakah kerjanya setaun udah bisa dapat spk?

      1. gampang kok, dulu saya malah bisa nitip ke temen hehehe, asal berkas dan syaratnya lengkap. Setaun udah dong pastinya kan gaji udah dipotong tiap bulannya.

    1. temen saya ada juga yang gitu, dia libur tiap sabtu, karena kuliah di UT, sampe wisuda, yang penting anak toko lainnya juga support, dalam artian bisa ngertiin kalo dia bakal liburnya tiap sabtu, hari libur yang kadang jadi rebutan hehehe

      1. Mas mau nanya, saya kn dibagian gudang di alfamart tapi setelah nerima gaji, lemburan nya blm masuk ke rekening, kata nya blm di input smua, dan skrg saya sudah risegn apa uang lemburan saya masih dapat?

    1. setau saya minimal 18 tahun, kalo dibawah itu mending coba kerja dulu di tempat-tempat non formal, kaya toko/konter dsb, paling gak kamu udah tau dunia kerja itu gimana, jadi gak kaget lagi kalo udah kerja

  10. Pengalaman gua selama kerja di alfa ya ada aja manis pahit nya tp alhamdulillahnya gua dr awal masuk sampe resign tempat kerjanya ga pindah pindah karna yang terpenting performa kita selama disana itu gimana
    Beberapa bulan berlalu setelah pergantian korwil , gua udh mulai ngerasa lesuh karna ya banyak bgt yang harus dikerjain dan itu makan waktu , secara tugas kita ditoko juga banyak eh malah ditambah lagi seperti alfagift -_- sumpah itu bagian paling mumet bgt
    Gua juga ngalamin minus gede ntah dr mana penyebabnya , pernah sampai bayar 1.2jt dan sebulan kemudian gua disuruh bayar 3.2jt yg ntah dr mana hitungannya anj*ng , gua mutusin aja resign tanpa ngomong sama sekali , jadi saat terima gaji yaudh gamau ada urusan lagi
    Diusut demi usut juga pihak alfa nya ky masa bodo , udahlah gaenak pokoknya

    1. saya juga gitu kok, introvert malah, tapi bisa kok adaptasi, anak tokonya juga asik, saran sih main dulu ke toko ojt nya, kalo ojt nya bebas mau dimana

  11. Mas,ini kan aku mau nglamar ke alfamart,tapi ijasahku masih di sekolah belum tak ambil.pakek skhu aja bisa nggak?

      1. Mas kalo udah pernah kerja di alfamart trus udah risign sendiri tampa ada masalah risign dengan baik2. Trs mau melamar lagi pas ada lowongan apa boleh mas?

  12. Agan ngambil posisi apa ya ? ane ambil buyer Kira2 bagus ga ya? Terus Kalo berarti kalo kita resign sebelum masa kontrak habis tidak kena denda ya?

  13. mas misalnya kita jd asisten spv atau spv di perusahaan ritel apakah pindah kerja ke perusahaan non ritel? mengingat kerja di ritel itu lebih ke operasional.

  14. Bang nnya dong.. yg kerjanya jd helper digudang kerjanya berat g sih bang.
    Soalnyaa aku org e g pede klo hrus ktmu bnyk org aplgi nglyanin org bnyk stiap hrinya.

        1. Pagi mas , kalau ada kecurangan antar karyawan itu gimana ya mas apa bisa dilaporkan ke alfamart pusat ?

  15. Kalo dari indomaret ke alfa bisa ga ya?
    Dan itu harus nunjukin surat pengalaman kerja dari indomaret atau tidak perlu?

  16. Ka kalau saya ingin masuk kuliah dibulan agustus nanti,trus saya udah ngelamar kerja di alfamart dari skarang ini,apa bisa langsung berhenti pas bulan agustus nanti ???

  17. Mas kalo masih dalam tahap training dan belum seleksi adm, biasanya yg gugur atau yg di tolak karena apa ya? Karena takut aja udah ngikutin training terus gagal, biaya ongkos dan segala macemnya lumayan juga

  18. Mas mau tanya waktu training di DC nya itu nginep dimana ya? Di sediakan temoat penginapan atau kita ngekost sendiri dekat DC nya? Terimakasih mas.

  19. mas, kalo kerja d alfa penampilan harus proporsional gak? mungkin berat dan tinggi badan harus berapa.. dan kalo masnya sndri dlu tinggi dan berat badan pas masuk alfa berapa

    1. setau saya cuma ada tinggi minimal 160cm itupun cukup fleksibel menurut saya. Dan proporsional atau gak juga gak diperhitungkan banyak kok temen saya yang gemuk.

  20. Ka kalau ijazah s1 baru punya fotokopian nya , smentara aslinya masih belum keluar krna persyaratan mengumpulkan skripsinya belum terpenuhi apa bisa? Atau pakai yg sebelumnya saja yg SMA? Tapi di kartu pencari kerjanya keterangan pendidikan S1. Baiknya gimana?

  21. kak, klo pas interview kita bilang kesibukannya skripsi (udh gaada perkuliahan tatap muka) bakal lolos ga? apa gausah bilang? bilangnya nnti aja ke tmn2 toko?apa gmn ya kak

  22. Bang kalo ex-Indomaret lamar ke Alfa itu bisa kan…
    Tp itu nilai plus atau minus?
    Pas di interview/CV harus jujur kita pernah kerja di Indomaret atau mending ga usah bilang?

    1. ada yang bilang nilai plus ada juga yang bilang suruh jangan nyebutin, tapi banyak kok temen saya yang eks-IDM diterima di alfa.

  23. Bng..saya pernah ngelamar ke alfa.,trus saya lolos hingga tahap training.,tpi di hari ke2 training sya ngk dtng.,dari kejadian itu sudah ad skitar 4 blan.

    Kalau saya ngalamr lagi di trima ngk ya.?

    1. Kalo dulu saya itu liburnya 5 hari sekali, jadi gak tetap liburnya, mundur 1 hari tiap minggunya.

  24. Gan mau tanya ,kalo baru masuk alfa dengan status lajang ,dan keterima di alfa , 2 minggu setelah diterima sy mau nikah ,itu di bolehin nikah ga ?

    1. Terus terang kalo ini saya gak berani jawab, silakan ditanyakan langsung ke kepala toko/korwilnya ya.

  25. Kak, aku kan fresh grad lagi nyari pengalaman terus daftar di alfa dan lolos tinggal training. Kata temenku suruh gak usah diangkatin karna gajinya kecil, katanya cuma 600rb padahal dia blm pernah kerja di alfa. Emang gajinya kisaran berapa si kak? Aku dom purwokerto. Makasih kak

    1. gajinya layak kok, diatas UMR, kebetulan saya juga sekabupaten Banyumas, cuma dulu pindah ke Brebes.

  26. Mas kalau boleh tau dlu posisinya apa d alfa? Saya skrng ngelamar d Inventory Control, trus dpt panggilan interview. Tp masih ragu kira2 kerja sm gajinya sesuai gak ya? Bantu info mas

    1. kalo buat IC terus terang saya gak tau, tapi yang jelas lebih tinggi dari anak toko, anak tokopun diatas UMR kok gajinya.

  27. Kak saya baru lulus tahun ini dan saya mau langsung ngelamar di Alfamart tapi saya takut sama seniornya gimana ya kak apa seluruh senior itu jahat jahat.

    1. Dari pengalaman saya sih ada emang yang jahat, gak segan-segan marahin kita di depan customer, tapi itu semua tergantung kitanya juga, kalo kita akrab dan gak suka ngeyel bakal baik-baik aja kok. Malah saya anggep mereka udah kaya keluarga, sering buat curhat urusan apapun wkwkwkw.

    1. di alfamart banyak kok temen cewe saya yang pendek-pendek, dont worry, bahkan disabilitas aja diterima kok, bijaknya alfamart.

    1. kalo saya lebih sering sholat di toko, kecuali pas sholat jumat buat efisiensi waktu, soalnya gantian sama yg lain

  28. Kk saya lulus di alfamrt nih. Kira kira penempatan ya bagaimana ? Apa kah di asal daerah atau di domisili daerah ?

  29. Kk saya lulus di alfamrt. Kira kira penempatan ya bagaimanaya? dan kapan di kasih tau soal penempatannya?apakah setelah training atau gimana kak???

    1. kalo dulu, waktu training ada daftar hadir, nah di daftar hadir udah ada tabelnya toko tempat tujuan kita

  30. Kak saya mau nanya, kalo di alfamart itu boleh sambil kuliah ya kak ? Soalnya saya kuliah sistem shift jd bisa malem bisa siang..kalo misalkan ditanya hrdnya jawabnya gmn ya kak..

  31. Kak apakah kalo udah lulus interview dan psikotes, lalu tnggal training dn ttd kontrak, apakah itu sudah psti keterima?

  32. Kak mau tanya dong. Misal kerja di alfa tapi ada kuliah online di Univ negri bisa gak ya? Kemungkinan bisa kerja tu mulai sore ke malam. Karna pagi sampe siang kuliah. Itu boleh req shift gak kak? Makasih

  33. Kalo sudah menikah dan umur 30an apa masih bisa ikut seleksi,,,, terus kalo resign semisal cuma 4-5 bulan kerja ada penalti gak

    1. kalo bagian crew setau saya cuma max 23/25 taun, kalo bagian lain mngkn bisa, setau saya gak ada penalti, tapi 30 hari sblm resign wajib kasih surat ke HRD

  34. Kak mau tanyaa dong…
    Kalau masuk Alfmart, trus udah tanda tangan kontrak (mis. 1 tahun) , trus bulan agustus tahun depan aku mau kuliah,
    Kalau brenti kerja sbelum abis kontrak , apa harus bayar denda/ganti rugi?

  35. Bang mao nnya klo tes fisiknya contohnya seperti apa ya bang? klo di cek kulitnya ampe suruh gulung celana apa engga ya bang?

  36. Kak mau tanya, aku pengen ngelamar di alfamart kan nah itu aku bisa ngeceknya daerah aku ada lowongan atau engga dimana ya yg akurat?

  37. Bro, mau tanya.
    Kalo untuk bagian crew store itu kerjaannya apa saja ya mas?
    Dan kalo untuk gaji, libur, dan istirahatnya gimana ya mas?
    Terima Kasih 🙂

  38. Oh iya mas, kalau untuk crew store kerjaannya apa ya mas?
    Dan kalau untuk gaji, libur dan istirahatnya gimana ya?

    Terima kasih 🙂

  39. Mau nanya nih bang saya kan mau melamar kerjaan di alfamart, nah saya tu giginya berlubang, dan tinggi badan cuma 157 cm apakah bisa kerja di alfamart?

      1. Assalamualaikum, ijin bertanya, saya kan sedang menjalani tes online alfamart, nah kalo misalkan udah lulus ketahap selanjutnya/training, tugas2nyavapa saja ya saat sedang training tersebut?
        Terimakasih

  40. Aku pernah denger katanya yg kerja di alfa harus yg sudah berpengalaman jdi kalo yg baru lulus gabisa apa iya ya?

  41. Assalamualaikum kak mau tanya, saya kan baru lulus SMA, rencananya mau kerja dulu di alfamart kurang dari setahun ini, terus tahun depan mau lanjut kuliah, kira kira boleh gak ya resign dengan alasan itu?, dan kalo belom habis kontrak apa harus bayar denda ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *