Sharing Pengalaman Migrasi BNI & BRI Syariah ke Bank Syariah Indonesia BSI

Business

Sejak resmi merger 1 Februari 2021 kemarin, bank syariah milik BUMN sekarang jadi 1 yaitu BSI, singkatan yang agak multitafsir karena samaan sama salah satu universitas hehehe. Oke skip, nah mulai bulan Mei kalo gak salah, beberapa wilayah, rekening dari bank BNI & BRI Syariah mulai diblok agar dapat diproses migrasi ke bank yang baru.

  1. Datang ke BNI Konvensional

Saya biasa pakai mobile & internet banking, tapi sejak diblok semuanya jadi gak bisa diakses, akhirnya saya pikir akan lebih cepat jika saya buat rekening baru saja di bank BNI non syariah, sementara migrasi bisa diurus kapan-kapan ketika saya punya waktu luang banyak, but, setelah nunggu antrian dan tanya ke CS ternyata kita gak bisa langsung bikin rekening baru, jadi ya terpaksa banget harus ke cabang ex-BNI Syariah buat urus migrasi.

2. Datang ke ex-BNI Syariah

20 KM saya tempuh cuma buat ngurus migrasi ini, wkwkwk. Dan ketika sampai, saya kira cuma saya doang yang dateng kaya hari-hari biasa. Ternyata ini bank udah penuh banget, sampe bank perlu buka tenda di halaman dan itu penuh woy kursinya. sampe ke selasar-selasar di isi kursi sampe ke lantai 2 wkwkwk. Dan gak kaya biasanya petugasnya jadi banyak banget dong, kalo biasanya cuma 15-20 orang mungkin gak nyampe, ini ada kali 70-100 orang petugas, dari parkir 5-7 orang sampe lantai 2. Anjir gila ini udah kaya acara grand opening Alfamart wkwkwk.

3. Isi formulir & ngedrop identitas

Tahap pertama setelah sampai yaitu saya ke bagian frontliner 1 yang tempatnya di halaman bank. Di situ disediakan formulir, siapkan buku tabungan, KTP, dan ATM jika ada. Kemudian data tersebut disatukan dalam paper clip. Setelah itu tinggal nunggu nama kita dipanggil.

4. Dapat nomor antrian

Setelah nama dipanggil, kita akan diberikan fotokopian buku tabungan, formulir, dan KTP kita. Lalu kembali nunggu buat nomor antrian dipanggil ke lantai 2.

5. Buat buku tabungan baru

Setelah dipanggil ke lantai 2, di sini akan dikasih buku tabungan dan ATM baru yang nanti harus diaktifkan di CS. Dan untuk ke CS kita juga mesti nunggu panggilan lagi dong. 🙁

6. Aktivasi ATM di CS

Di CS inilah proses pemindahan rekening dilakukan, saldo lama akan diinput ke rekening baru, buku tabungan yang masih kosong dicetak, dan ATM didaftarkan ke sistem agar terhubung ke rekening kita yang baru.

7. Pembuatan PIN di teller

Dan tentu saja kita mesti antri lagi di teller, walau waktu itu alhamdulillah saya gak terlalu lama cuma 2-3 orang. Di sini kita diminta buku tabungan dan kartu ATM. Selanjutnya ATM digesek oleh teller dan kita disuruh masukin PIN baru 2x. Dan voila! ATM dan buku tabungan sudah jadi

9. Aktivasi Mobile Banking BSI

Mobile banking bisa diaktivasi setelah mendapatkan SMS dari sistem (nomor HP yang diSMS adalah nomor yang diisikan di formulir). Dan kita gak perlu nunggu di bank, karena bisa dilakukan secara mandiri dari rumah.

OK guys, kurang lebih begitu proses migrasi bank BNI Syariah ke BSI yang saya baru lakukan hari ini. Jadwal migrasi tiap provinsi beda-beda ya guys, ada gilirannya. Dan step by stepnya mungkin tidak persis seperti ini. Untuk BRI Syariah ke BSI akan saya update lagi, karena kebetulan punya rekening juga di BRI Syariah, jadi ribetnya double deh wkwkwk.

Update :

Karena kemarin hari Jum’at dan besoknya bank tutup, terpaksa mesti balik lagi buat ngurus rekening satunya, yaitu BRI Syariah. Di BRI Syariah pagi itu suasana ramai, kursi di dalam bank maupun di tenda luar hampir terisi semua. Di sini saya langsung bertemu bagian penerima tamu untuk langsung isi form migrasi, kemudian petugas akan melakukan fotokopi berkas dan lainnya, kemudian beberapa saat dipanggil, KTP dikembalikan, lalu kembali menunggu panggilan untuk penyerahan ATM dan buku tabungan baru, sekitar 2 jam kemudian saya sudah mendapatkannya tanpa proses yang rumit. Walau ternyata rekening saya belum sepenuhnya dimigrasi, karena rekening lama saya masih aktif, dan menunggu untuk dinonaktifkan agar segera dimigrasi. Petugas menyampaikan bahwa rekening baru saya akan otomatis aktif dan saldo dipindah ke rekening baru jika migrasi sudah dilakukan, dan rekening lama akan nonaktif dan tidak dapat digunakan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.