Cara Membuat Rekening PT Perorangan di Bank BCA

Uncategorized

Guys, kali ini saya mau sharing pengalaman saya membuat rekening PT perorangan di bank swasta terbesar yaitu bank BCA. Jadi, singkat cerita setelah saya berhasil membuat PT perorangan, saya butuh rekening perusahaan agar laporan keuangan jadi lebih rapi, tidak tercampur dengan uang pribadi dan di sisi lain juga ada beberapa fitur di rekening perorangan yang akan saya gunakan. Setelah beberapa kali mencari info, saya akhirnya memutuskan untuk membuat rekening di bank BCA.

Sebelum ke cabang, saya sempatkan untuk bertanya dulu ke security bank yang kebetulan suami sepupu saya perihal pembuatan rekening PT perorangan beserta syarat-syaratnya.

Persyaratan pembuatan rekening PT perorangan

Syaratnya cukup mudah ya, sangkin mudahnya, di luar syarat tersebut saya juga menyertakan dokumen tambahan seperti pernyataan pendirian PT perorangan dan sertifikat pendaftaran PT perorangan yang sudah 1 paket kita dapatkan ketika mendaftar PT perorangan di AHU. 1 hal yang perlu kalian ketahui, jika di cabang dan bertemu CSO, mungkin banyak CSO yang belum mengetahui adanya PT perorangan yang memang tergolong masih baru peraturannya dan masih perlu banyak penyesuaian di bank, kalian harus bisa menjelaskan PT kalian bergerak di bidang apa dan apa urgensinya membuat rekening di bank tersebut. Ini hal yang sangat bisa dimaklumi ya gaes.

Setelah menyerahkan formulir ke CSO pada hari Jumat 22 Juli 2022, beberapa hari kemudian tepatnya Rabu 27 Juli 2022 saya dikabari oleh kabag CSO bank bahwa akan ada kunjungan dari pihak bank.

1 jam setelah waktu yang ditentukan akhirnya mbak-mbak kabag CSO didampingi CS bank datang membawa 3 map. Sebelum proses lebih lanjut, terlebih dahulu saya “diwawancara” mengenai bisnis yang dikerjakan dan kebutuhan layanan bank apa yang dibutuhkan untuk usaha saya. Saya dijelaskan bahwa untuk rekening bisnis jenisnya adalah giro, jadi tidak ada bunga ataupun ATM/Mobile banking dan penarikan tunainya bisa menggunakan cek (billyet giro), dan itu kertas ceknya kita mesti beli ya gaes kalo kalian mau pakai cek, tapi karena saya gak mau pake jadi skip aja, gimana kalo kita perlu tarik tunai? gampang aja, tinggal transfer aja ke rekening pribadi lewat klikbca, bisa kok gaes.

Setelah penjelasan dirasa cukup, kemudian saya diberi formulir untuk ditandatangani, formulirnya cukup tebal dibanding pembuatan rekening biasa, ini bisa sampai 40an tandatangan untuk 2 formulir yaitu formulir pembukaan rekening giro dan pendaftaran klikbca bisnis. Form selesai ditandatangani saya sempat mengobrol dengan CSO yang datang. Sebelum pulang, CSO juga menjelaskan bahwa rekening baru akan dibuat jika saya datang ke bank kembali dan menanyakan kapan saya akan ke bank, saya menjawab bahwa besok jam 13 saya akan datang.
Sesuai janji, saya kembali datang ke bank untuk melanjutkan proses pendaftaran rekening. Hari ini saya dilayani oleh CSO bank yang berbeda dan dilayani sama baiknya walau sering harus nanya-nanya sama temen di sebelahnya dan ke kabag CSO, sekali lagi ini hal yang sangat bisa dimaklumi ya gaes karena sepertinya saya memang nasabah pertama yang mendaftar PT perorangan di cabang bank ini.

Setelah rekening jadi, saya kemudian menyetorkan setoran awal, saya setor lewat transfer dari rekening pribadi, kemudian saya diberi keybca lalu mengaktifkan klikbca bisnis dari awal sampai bisa login dengan bantuan panduan dari CSO walau sebetulnya saya juga bisa sendiri sih hehehe. CSO yang bertugas sangat rajin karena membantu menuliskan detail akun yang kita buat seperti user ID, username dan lain-lain agar tidak lupa.

Akhirnya selesai rangkaian proses pembuatan rekening PT perorangan, cukup mudah ya jika persyaratan sudah lengkap, hanya prosesnya memang tidak sesimpel pembuatan rekening biasa. Semoga pengalaman yang saya share ini bermanfaat buat teman-teman, apabila ada pertanyaan bisa sampaikan di kolom komentar atau kontak di sosmed saya ya gaes.

Leave a Reply

Your email address will not be published.