[Review] Pertama Kalinya Scaling Gigi di RSGM P Unsoed

Life Story

Halo gaes, kali ini gue mau ceritain sedikit pengalaman gue yang untuk pertama kalinya melakukan scaling gigi, sebelumnya kali aja ada yg belum tau, scaling itu pembersihan karang gigi yang biasanya menempel dalam waktu yang lama dan sudah melekat kuat di perbatasan antara gigi dengan gusi, bahkan kalo udah parah bisa sampe menutupi gigi.
Ini sebenernya bukan pertama kalinya gue ke dokter gigi, soalnya dulu pas kecil pas masih SD sering bolak balik ke dokter gigi di puskesmas buat cabut gigi, karena dulu tuh gigi gue terlalu kuat mungkin, jadi waktunya harus udah copot malah banyak yg gak copot, ada juga gigi gue yang patah gara-gara jatoh.
Back to topic, waktu itu hari Rabu, gue ke RSGMP Unsoed, salah satu rumah sakit khusus gigi dan mulut yang merupakan bagian dari Unsoed, kenapa gue pilih di sini? karena gue kebetulan kenal salah satu dokter di sini yang ternyata pas gue ke situ udah gak bertugas di situ sih, makanya pas pendaftaran pasien di lobi gue gak request sama dokter siapa gue mau scaling. Dan setelah mengurus administrasi buat pembuatan rekam medis, akhirnya gue dipanggil sama petugas jaga buat ke ruang praktek. Gue dipertemukan dengan perawat yang kemudian mengantar gue ke ruang prakter dokernya.
Ternyata yang bertugas menangani gue dokter cewe, waduh bukan muhrim nih, gapapa deh ini kan buat kepentingan medis, insya alloh dimaklumin lah hahaha. Sebelum scaling dimulai dokter melihat rekam medis dan gue ditanya-tanya seputar gigi gue dan alergi-alergi yang gue punya. Setelah itu gigi gue dicek, dokter kemudian memberitahukan semacam kode-kode gitu ke perawatnya, kayanya sih itu buat diisiin ke rekam medis sih. Abis itu gue dikasih tau tentang scaling yang akan dilakukan itu gimana prosesnya dan instruksi-instruksi apa yang mesti gue lakukan selama proses scaling berlangsung dan berkali-kali dokternya bilang kalo scaling itu ada rasanya, tapi gak sakit.

Lalu scaling pun dimulai, gue disuruh mangap, “mas, mulutnya dibuka, a yang lebar” kurang lebih gitu sih kata-katanya masih gue inget. Terus dimasukan lah alat scalingnya yang ada semprotan airnya, gue sih kira ini pake ultrasonik, sama selang penyedot air yang fungsinya buat nyedot air dan karang-karang gigi yang hancur selama proses berlangsung. Jadi selama proses ini gigi dibersihkan dari tartar/karang gigi sambil terus air disemprotkan ke area yang sedang discaling.
Selama proses ini gue denger dokternya sambil ngerumpi sama perawatnya hahaha, tapi justru gue jadi relax juga sih, soalnya gue sebenernya agak takut juga sih, karena belum pernah scaling sebelumnya. Setelah beberapa lama, tenggorokan serasa udah penuh sama air, gue pun mengangkat tangan sebagai kode/tanda mau kumur (dikasih tau sebelum proses berlangsung), gue pun berkumur yang gue liat banyak karang gigi yang udah rontok dan juga sedikit darah yang keluar dari gusi gue. Lalu scaling kembali dilanjutkan dan setelah kurang lebih 15-20 menitan scaling pun selesai. Yang gue rasain setelah scaling, pastinya mulut jadi terasa enteng, bersih, dan gusi serasa lebih sehat, yang biasanya kalo gosok gigi ngeluarin darah sekarang udah gak lagi, yang jelas terasa banget manfaatnya proses scaling ini.
Scaling yang gue tau dianjurkan 6 bulan sekali, kaya anjuran periksa gigi juga, kalo masalah harga di RSGMP kebanyakan tarifnya ada ditengah antara tarif puskesmas dan tarif klinik swasta, yang gue bayar di sini sekitar 140rb sama biaya pendaftaran include pembuatan kartu(cuma bayar sekali) sebesar 25.000 jadi total 165rb. Worth it kah membayar segitu untuk pembersihan karang gigi? Worth it banget sih menurut gue. Jika dinilai dari 1-10, maka 9 kemungkinan gue bakal balik lagi buat scaling. Dan penilaian untuk pelayanannya gue kasih 8.5, untuk dokternya 9.0.
So guys buat kamu yang peduli sama kesehatanmu, jangan lupa yah periksa gigi 6 bulan sekali ke dokter gigi/rumah sakit/puskesmas dan gosok gigi 2x sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

6 thoughts on “[Review] Pertama Kalinya Scaling Gigi di RSGM P Unsoed

    1. waktu saya ke situ jam sekitar jam 1 atau 2 siang, dan itu gak antri, kalopun pas antri obat paling sekitar 5-10 menit saja

Leave a Reply

Your email address will not be published.