Step by Step Cara Isi Sensus Penduduk Online 2020 Disertai Gambar

Uncategorized

Mulai tanggal 15 Februari 2020, sensus penduduk secara mandiri melalui online sudah dibuka, ini merupakan sensus pertama menggunakan sistem input mandiri alias online, caranya pun cukup mudah, berikut akan saya tampilkan langkah-langkahnya secara detail, oh ya sebelumnya pastikan siapkan KK dan buku nikah (kalau ada) dan isi setiap form dengan teliti dan jujur :

  1. Buka situs resmi Sensus Penduduk di website BPS di https://sensus.bps.go.id

2. Masukkan NIK dan Nomor KK, NIK di sini bebas ya yang penting bagian dari KK, bisa nik kepala keluarga, ibu, maupun anak. Masukkan juga kode yang ada pada gambar. Lalu klik tombol Cek Keberadaan.

3. Buat password baru, masukkan juga konfirmasi password, dan pertanyaan keamanan, pilih aja pertanyaan yang gampang diinget jawabannya.

4. Selanjunya kita sudah login ke sistem Sensus Penduduk 2020. Masukkan alamat keluarga kita tinggal. Selanjutnya isi pertanyaan-pertanyaan seputar Keterangan Tempat Tinggal diantaranya :

a. Status kepemilikan tempat tinggal saat ini?

b. Apakah tempat tinggal ini menggunakan listrik?

c. Apa sumber air minum utama yang digunakan keluarga ini?

d. Apakah di rumah ini ada fasilitas jamban/ tempat buang air besar dan septic tank?

e. Apakah jenis lantai terluas rumah ini?

5. Selanjutnya adalah isian Data Anggota Keluarga, kalo ada tambahan yang belum ada pada daftar, misalkan ada bayi baru, bisa klik tombol tambah. Masukkan data pribadi anggota keluarga satu per satu di kolom yang sudah disediakan. Cek ulang terlebih dahulu data yang diisikan sebelum klik tombol lanjut.

6. Setelah data anggota keluarga terakhir klik tombol ringkasan. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini. Kalo dirasa perlu dicek lagi klik aja tombol lihat. Kalo udah dipastikan semua sudah benar tinggal klik tombol Kirim.

7. Sampe di sini data sudah tersimpan di database BPS. Sampai step ini tugas kita sebenernya udah selesai.

8. Buat jaga-jaga barangkali diperlukan, kita bisa download file pdf bukti pengisian di tombol biru yang tulisannya “Unduh bukti pengisian”. Simpan file pdf tersebut barangkali diperlukan suatu saat nanti. Di bawah ini adalah contoh isi file pdfnya.

Selesai sudah langkah-langkah mudah pengisian data sensus secara mandiri, gak susah kok cuma 5-15 menitan. Semoga dapat mempermudah kerja BPS dan efisiensi karena kita jadi gak perlu isi berlembar-lembar kertas lagi untuk sensus kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.