Beberapa Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

Business Technology

Sejak 2017 saya resign dari kerjaan dan akhirnya saya full time di rumah buat mengerjakan beberapa hal. Sebenernya saya sudah menggunakan internet online untuk cari duit sejak jaman sekolah, hanya saja dulu hal ini masih jarang. Berikut saya share beberapa cara memeperoleh pendapatan dari internet.

  1. Jadi freelancer

Yang satu ini biasanya buat kalian yang memang udah punya skil yang biasa banyak dicari perusahaan yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan, dan kerjaan-kerjaan ini bisa dilakukan secara freelance dari rumah, skill di sini di antaranya :

a. Programming

Programming kerjaanya bisa membuat program, aplikasi, website, bahkan game dll.

b. Design grafis

Ini masih dibagi beberapa cabang juga, logo, design aplikasi, design web, vector.

c. Design rumah

Ini saya liat di beberapa grup properti banyak jasa buat mendesign rumah sesuai kebutuhan klien dengan design 3 dimensi. Software yang digunakan yang saya tau biasanya pake google sketchup, archicad, autocad.

d. SEO

Search Engine Optimization, ini jasa yang biasa diperlukan oleh website baru untuk menaikkan ranking di mesin pencari. Tujuannya tentu untuk mendatangkan visitor website lebih banyak dari mesin pencari (google, bing, yahoo dsb).

2. Jualan

Kalian bisa pake internet buat jualan, baik lewat media sosial dengan COD, atau bisa juga pake marketplace semacam bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dll. Kalian tinggal daftar aja sebagai penjual, upload produk kalian, setting jasa pengiriman, dll. Setelah ada pembeli, kalian tinggal kirim sesuai alamat yang sudah ada di sistem. Setelah pembeli melakukan konfirmasi terima barang kalian baru bisa mencairkan dana penjualan ke rekening.

Yang ini saya lakukan, yaitu saya biasa beli barang-barang promo yang harganya kadang selisih lumayan jauh dari harga normalnya. Lalu saya jual lagi di marketplace. Tapi ini butuh keahlian, jangan asal-asalan beli barang promo, soalnya sering liat juga barang yang gak masuk akal promonya, ini perlu hati-hati ya.

3. Dropship

Ini gak beda jauh sama jualan bedanya kita lebih spesifik urusannya cuma buat jualan, intinya skill yang dibutuhkan cuma membuat seseorang membeli suatu produk dengan berbagai cara. Bisa dengan iklan facebook ads, google ads, instagram ads, dsb. Setelah deal dengan pembeli, selanjutnya pengemasan dan pengiriman dilakukan oleh distributor yang telah kita pilih. Dan pengiriman ke pembeli nanti ditulis atas nama kita sebagai penjual. Ini juga perlu dilakukan dengan hati-hati dalam memilih distributor, pastikan sudah terpercaya dan bisa diajak kerjasama.

4. Trading

Ini gak disarankan buat yang belum bener-bener ngerti. Bisa di saham atau cryptoaset. Ini bener-bener gak disarankan buat yang baru mulai nyari uang di internet, karena butuh modal dan gak semua orang bisa menganalisa pergerakan harga dengan baik dan kehati-hatian ekstra dalam pengambilan keputusan.

5. Blogger/Vlogger

Dulu sebelum ada istilah Vlogger sudah ada istilah Blogger terlebih dahulu. Yaitu orang-orang yang punya blog di internet. Penghasilannya bisa dari iklan baik melalui media periklanan seperti adsense maupun iklan langsung dari perusahaan client. Sedangkan vlogger adalah pembuat konten juga namun dengan bentuk video. Penghasilannya bisa dari endorsement maupun iklan kalo di youtube.

6. Jadi Influencer/Selebgram

Ini pasti udah pada tau ya, kalo akun sosmed kalian banyak follower dan punya konten, biasanya akan ada orang/pihak yang akan menghubungi kalian untuk minta diendorse produknya. Pengalaman saya pernah sekali diendorse dikasih barangnya 1 dan komisi endorse yang waktu itu kecil tapi lumayan lah sekitar 150rb untuk 1 foto,1 instastory foto dan 1 instastory video.

7. Fotografi

Untuk yang punya hobi fotografi, kalian bisa jual hasil foto kalian ke beberapa situs “marketplace” foto maupun video. Gak mudeng? Gini, biasanya perusahaan butuh aset foto atau video untuk keperluan perusahaan, misalkan tayangan TV yang butuh video ilustrasi, ataupun perusahaan kalender yang ingin nyetak kalender dengan background foto milik kalian. Nah, perusahaan-perusahaan ini gak akan asal-asalan nyomot dari google, mereka akan membelinya, salah satunya lewat beberapa situs tersebut. Apabila foto kalian diminati maka kalian akan dapat pendapatan dari foto kalian yang dibeli tersebut.

WASPADA MONEYGAME, PONZI DAN SEJENISNYA !!!

Nah ini juga yang jadi permasalahan buat para newbie, banyak yang salah jalan dengan malah ikut gabung ke program-program ponzi scheme. Apa itu ponzi scheme? Ini adalah skema perputaran uang, maksudnya gini, sebuah sistem melakukan perekrutan member, member lalu diwajibkan menyetorkan uang dengan dalih biaya registrasi, investasi, dan sebagainya. Nah nanti member tersebut harus merekrut downline/referral untuk bisa mendapat komisi. Nanti uang dari member baru digunakan untuk komisi member lama, uang tidak diputar di bisnis tapi hanya diputar-putar dari member baru ke member lama. Sistem ini akan selesai ketika sudah tidak ada lagi yang mendaftar dan menyetorkan dana ke sistem/perusahaan ini. Member yang pertama mendaftar mungkin sudah untung banyak, dan dia mungkin selamat karena sudah bisa menarik uang modal awalnya dan keuntungan, sementara member-member yang mendaftar di akhir-akhir akan rugi.

Ciri-ciri ponzi scheme :

  1. Menawarkan hasil tidak masuk akal.
  2. Sumber penghasilan dari merekrut member.
  3. Menggunakan iming-iming member yang sudah bisa membeli mobil/rumah sebagai media promosi.
  4. Tidak punya produk.
  5. Kantor tidak jelas. Tapi bahkan sekarang sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan skema ponzi berani mendaftarkan diri sebagai PT dan punya kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.