VPN : Negara Punya Internet, Tapi Internet Gak Punya Negara

Technology

Judulnya mungkin agak bikin bingung yak, tapi baca lagi deh pasti kalian paham, apalagi yang kesehariannya gak jauh dari internet. Ada negara tertentu yang ngeblokir situs-situs tertentu, contohnya google yang gak bisa diakses di China, entahlah karena persaingan bisnis dengan Baidu apa gimana, yang jelas kalo di China google itu gak bisa diakses, gak tau sih kalo sekarang.

Gimana dengan Indonesia, Indonesia juga banyak, apalagi sejak adanya internet positif, sebenernya bagus sih, tapi gue agak aneh aja ketika tau situs reddit.com dan beberapa situs lain yang mana itu cuma situs semacem forum, kalo di Indonesia kaya kaskus gitu deh juga ikut diblok.

Dulu sempet kerepotan juga kalo ngeliat hasil pencarian di google artikel-artikel bagus justru berasal dari reddit, mesti pake VPN cuma buat baca artikel di reddit. Tunggu, tunggu, VPN? Binatang macem apa itu VPN?

VPN, apa itu?

Jadi gini VPN alias virtual private network itu semacem aplikasi yang mana kita itu terhubung dalam jaringan private yang komunikasi diantaranya itu tidak dibuka ke publik, ini pengertian dalam arti luas, contohnya gini, sebuah bank untuk mengamankan transaksinya itu biasanya pake VPN untuk jaringan internet antar cabangnya, tujuannya apa? Tentu biar lebih aman karena untuk masuk ke jaringannya tentu butuh authentikasi, gak kayak di internet dunia, yang mana kalian cuma perlu APN kalo di HP, udah langsung bisa konek tanpa perlu authentikasi lagi.

Biar lebih gampang gambarannya, ibaratkan vpn itu seperti sebuah pipa air, air didalam pipa itu adalah datanya, pipanya adalah jaringan VPNnya, air bisa mengalir dari ujung satu ke ujung lainnya, tapi tidak terlihat dari luar.

Pake VPN aman gak?

Sejauh yang gue tau VPN itu ya aman gak aman sih, soalnya ini tergantung dari jenis penggunaan sama server VPNnya. Gue sih jarang banget pake VPN-an karena semenjak pake router, gue pake DNS google which is tentu hampir semua situs kayaknya bisa diakses, kalopun gue pake VPN gue lebih suka pake SSH bikinan sendiri, pake server sendiri, tinggal instal dropbear sama bikin akun beres cuma 5 menitan.

VPN bisa aman kalo server yang digunakan itu server yang terpercaya, walaupun yang gue tau data yang lewat antara pemakai VPN dan server susah disadap karena pake https yang diacak, tapi tetep aja mesti hati-hati apalagi urusan perbankan misalnya.

VPN sebenernya justru jaringan paling aman karena pertukaran data antara pengguna dan server web/aplikasi tidak dilakukan secara langsung melainkan melalui perantara server VPN, sehingga akan susah disadap oleh pihak keempat. VPN bahkan diwajibkan untuk pengguna internet banking tipe bisnis di beberapa bank di Indonesia, tentu dengan VPN internal yang mereka bikin sendiri untuk menjamin keamanannya.

Kembali ke judul, jadi internet gak punya negara? Jawabnya sampai saat ini iya betul, kenapa? karena jaringan internet bukan jaringan yang terkotak-kotak di suatu negara, melainkan jaringan yang terhubung di seluruh dunia. Ibaratnya selama di luar negeri facebook masih bisa diakses, maka sekalipun ada 30 negara yang ngeblok, kita bisa “numpang” vpn di negara yang masih bisa buka akses facebooknya.

Jadi cara yang efektif untuk ngeblokir sebuah website, itu setau gue cuma 1, ya ditutup websitenya kayak situs-situs yang ditahan FBI karena terkait tindak kriminal. Gak bakal diblok doang dong, kalo udah terbukti kriminal, FBI bakal ambil alih situsnya, kalo udah begitu mau diakses darimanapun yang muncul ya tetep notice dari FBInya.

Memblokir port VPN juga tidak memungkinkan karena VPN mempunyai port yang sangat fleksibel, tidak seperti email yang ada di port 25 atau website yang diport 80 untuk http dan 443 untuk https.

Leave a Reply

Your email address will not be published.