Nostalgia Internet Indonesia di Tahun 2009

Technology

Halo gaes, inget gak jaman internetan tahun 2008/2009-an? Yap, jaman dimana kata “internet” masih agak asing di telinga, apalagi orang-orang tua. Awal cerita kemaren-kemaren gue tiba-tiba inget lagunya Paramore yang judulnya Ignorance. Ini salah satu lagu favorit gue dulu di jamannya. Waktu itu gue masih SMP kelas 9 kalo gak salah, hampir tiap pulang sekolah kalo gak ada les pasti mampir ke warnet dulu, 1 2 atau 3 jam, dan lagu itu kebetulan salah satu lagu yang hits saat itu dan sering diputer di warnet langganan gue.

Nah jadi inget deh, dulu jamannya facebook baru muncul dan happening dan asik-asiknya, temen yang biasa cuma ketemu di sekolah, atau teman-teman lama tiba-tiba muncul di facebook kita di halaman saran pertemanan. Dulu masih agak norak, senengnya bisa berkomunikasi lagi dengan teman-teman. Yap, dulu facebook bener-bener buat “pertemanan”, gak ada berita-berita yang lewat, iklan juga masih agak jarang, Dan yang muncul kebanyakan emang temen-temen yang bener-bener kita kenal di dunia nyata. Kalopun gak kenal, biasanya ternyata emang temen-temen yang satu sekolah atau 1 domisili jadi masih gak terlalu luas. Sekarang kalo buka facebook kalo gak berita (baik yang berita beneran maupun berita hoax), kiriman grup, iklan jualan olshop, ataupun “share”-an status viral, video viral, dan semacemnya lah, yang ngebosenin, pokoknya facebook sekarang udah lebih kaya situs berita wkwkwk.

Inget juga gak yahoo? Di jaman 2009-an yahoo masih jadi favorit gue kalo urusan email-mengemail, inget banget gimana dulu pertama kalinya belajar bikin alamat email, sayangnya gue lupa alamat email pertama hahaha. Sekarang hampir udah gak pernah pake yahoo lagi. Padahal dulu yahoo populer banget. Seneng banget dulu kalo abis logout yahoo disajikan berita-berita terbaru. Hidup gue berasa tercerahkan. Yang biasanya “nguplek” cuma liat di TV , sejak saat itu bisa cari beritanya di internet dengan mudah. Kalo sekarang malah lebih banyak pake gmail maupun email hostingan sendiri buat keperluan email-mengemail.

E-commerce? Di tahun 2009 e-commerce Indonesia masih sepi banget, paling banyak justru iklan online macem berniaga.com, tokobagus.com, sekarang mereka malah mulai keliatan redup setelah diakuisisi olx, dulu sering banget kan iklan berniaga atau tokobagus di tv. Tapi di tahun itu tokopedia udah mulai diluncurkan walau belum terlalu terkenal seperti sekarang. Sekarang gak cuma tokopedia, banyak e-commerce baru bermunculan macem sh*pee, lazad*, bukalap*k, tok*pedia, dan lain-lain

Di tahun 2009 tarif internet masih dihitung per kb, belum ada paketan seinget gue, dapet harga Rp 1 per kb itu udah murah. Kalo dikonversi ke GB, 1 GB setara Rp 1jt. Hehehe dulu emang pemakaian kuota masih minim dan kecepatan juga sangat lambat, buat loading facebook di hp mungkin cuma sekitar 30 kb-an dan perlu loading lumayan lama, karena hpnya juga masih nokia jadul macem 6030, 6600, 7610, yang jaringannya masih 2G alias GPRS, pake EDGE aja udah agak mewah, 3G masih mahal, dan baru muncul, sementara sekarang internet sudah  4G dan sudah disiapkan untuk 5G yang kecepatannya super cepat.

Cukup bangga sih bisa ngalamin jaman itu, jaman awal perubahan cara berkomunikasi kita dari yang masih cuma sms/telepon sekarang udah macem-macem jenis sosmed dengan segala kelebihannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.